Mencari Duplicate Data di Excel

Tutorial Mencari Duplicate Data di Excel
Share it:


Gan, ini cerite temen ane suatu hari di suruh kong naim cariin data yang double-double didata usaha percetakan serabi. data data yang ngutang sudah banyak, kebetuan kong naim udah modern dia gunain excel untuk pembukuannya.

singkat cerita ane disuruh kawan ane cari data yang duplicate didalam data excel tersebut, ane bingung ane kan sama excel cuma bisa gitu aje, kebutulan pas ane cari-cari di google ane temuin neh.. langsung aja ane ingetin nih cara , siapa tau berguna lagi kapan-kapan..

elo tau sendiri kan kong naim orangnya emosian, lama dikit aja bisa mareh-mareh..

eits.. jadi ngalor ngidul ngomongin kong naim, mending kita fokus ke cara data duplicate di excel aja..

gini gan cara cari data duplicate di excel yang simple, elo buka excel yang udah ada datanya, elo select datanya, kemudian elo ke menu tab Home, elo cari menu ribbon Conditional Formating,
cari di agak paling kanan menu ribbon, lihat screenshot untuk jelasnya..

Conditional Formating ada di paling kanan

kalo udah ketemu elo klik deh tuh menu nanti keluar menu dropdown cari menu Highlight Cell Rules kemudian pilih menu Duplicate Values..



terus keluar popup New Formating Rule deh.. ada beberapa opsi yang bisa elo setting, tapi fokus aja untuk mencari data duplicate.. style pilih yang classis, format pilih format only unique or duplicate values, values in selected range pilih duplicate dan format with pilih light red fill with dark red text..


kalo gw sih gw OK aja langsung daripada nanti temen gw diomelin kong naim karena kelamaan.
dan keluar deh hasilnya. siapa tuh yang namanya double-double? warna highlight merah menandakan data itu duplicate, jadi jelas deh yang duplicatenya..



kalo elo mau utak warna highlightnya coba aja elo ubah ubah sesuai warna yang elo mau..

begitulah akhir ceritanya temen ane udah aman bisa dapatin data duplicatenya dan ane jadi tahu cara cari data yang double-double..

nih ane kasih videonya:




Share it:

office

Post A Comment:

0 comments: