Membuat blog bagi pemula

Tutorial Membuat blog bagi pemula
Share it:


Jika anda mempunyai bakat untuk menulis atau anda hanya ingin sekedar belajar menulis, ada baiknya anda mulai membuat blog, meski sekarang banyak orang menyukai Vlog tapi blog mempunyai sisi lain jika anda ingin belajar menulis atau hanya belajar sedikit ilmu jurnalistik..

Saat ini sudah banyak orang yang menjadi blogger profesional bukan hanya sekedar hoby atau belajar menulis tetapi memang blog sudah bisa dijadikan pekerjaan tetap dan menghasilkan uang yang cukup banyak..

Sebagai seorang pemula kesuksesan orang bisa jika jadikan motivasi tetapi yang terpenting semua pasti buah dari kerja keras, kesabaran serta keulutan mereka sendiri, jadi kita tidak akan pasti bisa secara instant.. kita harus banyak berlatih, belajar untuk bisa menjadi seorang yang profesional..
jika anda tertaril dengan blog, mari kita lihat step-step apa yang harus dilakukan untuk memulainya..

Untuk memulai membuat blog bagi pemula adalah sebagai berikut :

1. Memilih platform blog anda
Untuk membuat blog kita tidak perlu atau tidak diwajibkan untuk memiliki ilmu programming untuk membuat sebuah blog, dari dahulu sudah banyak penyedia blog secara instan seperti blogger, wordpress dan lainnnya.. pilih platform blog yang anda sukai dan mudah memurut anda.. mungkin anda bisa menggunakan blogger dahulu untuk blog pertama anda..

2. Gratis atau self-hosting untuk blog anda
Kami sarankan untuk awal blog anda menggunakan yang gratis semacam blogger, sebab anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, tetapi jika anda ingin lebih personal anda bisa membelikan domain name untuk blog anda sebab blogger meyediakan custom domain dengan membelinya.. jika anda ingin full self-hosting blog bersama dengan aplikasi blog anda, anda disarankan untuk menggunakan platform wordpress dan menginstalnya di web server anda..


3. Memilih template blog anda
Banyak template blog yang anda bisa pakai secara gratis di blogger ataupun wordpress, tetapi template gratisan biasanya kurang bagus bila dibandingkan dengan template blog profesional yang dijual dipasaran.. anda bisa membeli template blog sesuai dengan tema blog anda atau selera anda.. contoh website yang menjual template blog seperti themeforest.net

Berikut adalah salah satu professional template blogger..


Sebuah template blogger profesional


4. Menentukan tema blog anda
Sesudah anda menentukan dan menginstal blog anda, kemudian anda harus menentukan tema dari blog anda, usahakan temanya sesuai dengan hoby atau bidang pekerjaan anda supaya ada passion yang kuat saat anda mulai mempunyai blog.. Jika anda seorang guru anda bisa membuat blog dengan tema pendidikan atau jika anda seorang yang hoby masak dan membuat kue anda bisa membuat blog masakan..


Demikianlah beberapa langkah sederhana untuk memulai mebuat blog bagi pemula.. kedepan kami akan memberikan artikel lain tentang seputar blogging.. keep tune!
Baca artikel membuat blog dengan Blogger :
https://burudul.blogspot.co.id/2017/09/membuat-blog-dengan-blogger-bagi-pemula.html





Share it:

Blogging

Post A Comment:

0 comments: